Rekomendasi Film Tema Teknologi untuk Inspirasi

Rekomendasi Film Tema Teknologi untuk Inspirasi - Kalau biasanya di blog ini membahas beberapa mengenai kursus di DUMET School, kali ini saya akan membahas rekomendasi film dengan tema teknologi yang bisa kamu jadikan inspirasi! Sekali-kali, kita bahas hal di luar kursus namun tetap dengan 1 lingkup hal yang sama atau saling berkaitan ya hehe.

Saat ini, semua orang tentunya tahu ya ada banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan karena adanya kemajuan teknologi. Begitu pula dalam dunia perfilman. Mulai dari alat-alat untuk syuting, proses editing hingga tema film juga mengusung tema teknologi. Hal ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua terutama yang memang tertarik dengan kemajuan teknologi.

 

Nah, ini dia rekomendasi beberapa film dengan teknologi yang bisa membantu kita memberikan inspirasi:

1. The Social Network (2010)

Film satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu ya! Seperti namanya, film ini akan menceritakan mengenai pendiri salah satu mega media sosial yaitu Facebook. Yup, Mark Zuckerberg. Film ini menceritakan mengenai ambisi, persahabatan, kegagalan dan juga kesuksesan. Tentunya film ini akan memberikan inspirasi untuk kamu yang sedang membangun bisnis sejenis atau bisnis lainnya bahwa memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam membangun bisnis ternyata sangat penting juga bagaimana cara mengatasi rintangan yang datang saat membangun bisnis.

Dari sini juga kita akan mempelajari bagaimana ternyata teknologi bisa mempengaruhi bagaimana cara kita sebagai manusia berinteraksi dan berhubungan sosial. 

2. Her (2013)

 

Selain mengusung tema teknologi, film Her ini juga bisa dikategorikan sebagai film drama romantis karena kisahnya. Coba bayangkan saja, di masa depan, kita bisa memiliki asisten virtual cerdas bernama Samantha dan di film ini seorang pria bisa jatuh cinta dengannya! Film ini cukup unik dan tidak akan membuat bosan.

Di dalam film Her, kita akan melihat bagaimana hubungan manusia dengan teknologi, yang ternyata teknologi bisa mempengaruhi emosi dan interaksi sosial manusia. Kita juga akan mendapatkan pesan moral bahwa sebagai manusia sangat penting untuk bisa mempertahankan koneksi dengan orang-orang yang ada di sekitar tanpa mengabaikan dan kita harus bisa mengatasi ketergantungan terhadap teknologi.

3. Ex Machina (2014)

 

Ex Machina adalah film dengan tema fiksi ilmiah yang menceritakan tentang seorang programmer muda yang diundang oleh seorang miliader untuk menguji kecerdasan dan kesadaran sebuah robot cerdas bernama Ava. Film ini bisa memberikan inspirasi tentang kemajuan teknologi. Namun, film ini juga memberikan peringatan tentang adanya risiko atau bahaya jika teknologi jatuh ke tangan yang salah.

4. The Imitation Game (2014)

 

Film berikut ini juga sepertinya sudah banyak yang tahu ya! The Imitation Game! Film ini termasuk ke dalam film biografi karena menceritakan tentang kehidupan Alan Turing yang merupakan seorang ahi matematika dan komputer yang berasal dari Inggris. Film ini akan menceritakan bagaimana Alan berhasil memecahkan kode rahasia Nazi selama Perang Dunia II.

Film The Imitation Game ini memberikan inspirasi tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan yang lebih besar. Seperti dalam film ini, ternyata teknologi juga bisa melindungi negara dan mengakhiri perang yang terjadi.

5. Black Mirror: Bandersnatch (2018)

 

Jika kamu sudah menonton film Black Mirror di tahun-tahun sebelumnya, kamu pasti akan tahu kalau Black Mirror: Bandersnatch adalah salah satu bagian dari serial antologi Black Mirror. Sama seperti yang sudah, film ini masih menceritakan mengenai "teknologi canggih".

Film Black Mirror ini diproduksi oleh Netflix dan mengambil latar belakang di tahun 1984 dimana alurnya akan bercerita mengenai perjalanan seorang programmer muda yang mencoba membuat game interaktif yang kompleks.

Black Mirror: Bandersnatch memberikan inspirasi tentang bagaimana teknologi dapat mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan media dan Virtual Reality (VR). Sama seperti Ex Machina, film ini juga memberitahukan risiko dari kecerdasan buatan dan bagaimana teknologi bisa membahayakan kesehatan mental kita. 

6. The Great Hack (2019)

 

Film The Great Hack adalah film dokumenter yang membahas "skandal teknologi" yang pernah viral beberapa tahun lalu yaitu skandal Cambridge Analytica dimana ada banyak orang yang mempertanyakan bagaimana bisa data pribadi jutaan pengguna Facebook diambil dan akhirnya digunakan untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016.

Film ini akan memberikan informasi betapa pentingnya untuk menjaga dan melindungi data pribadi. Juga kita perlu waspada dalam menggunakan teknologi.

Itu dia beberapa rekomendasi film dengan tema teknologi untuk inspirasimu. Film-film seperti ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai dampak positif dan negatif adanya teknologi dalam kehidupan manusia.

Karena itulah, penting untuk kita memanfaatkan teknologi dengan bijak. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi film yang akan kamu tonton ya!

0 Komentar